Jumat, 29 Juli 2016

Tugas Ketiga: Pemasaran Strategik (EKMA4475).


Soalnya :


1. Dalam strategi defensif, yaitu kemudahan dalam memasuki dunia pemasaran, bagaimana pandangan Saudara mengenai hal ini?

Jawabannya :

Pandangan  saya mengenai strategi defensif itu, bagus juga, kalau semua strategi defensif-nya terencana dengan baik, terkendali dengan baik, pokoknya strategi defensif-nya sudah oke semuanya. Agar, tidak ada kendala yang terjadi dalam memasuki dunia pemasaran, seperti : pesaing yang berusaha menandingi perusahaan yang strategi defensif-nya sudah oke semuanya tidak bisa menandingi perusahaan yang strategi defensif-nya sudah oke semuanya tadi.


2. Jelaskan alasan produsen perlu menggunakan saluran distribusi !

Jawabannya :
Alasan produsen perlu menggunakan saluran distribusi, yaitu : 
1.    Agar, produk produsen dikenal masyarakat.

2.    Agar, produk produsen laris atau laku di pasaran.

3.    Produsen ingin  berkonsentrasi terhadap  produk-nya. 

4.    Dan lain – lainnya yang terkait.



3. Jelaskan beberapa faktor yang menyebabkan produsen menggunakan perantara!

Jawabannya :
Beberapa faktor yang menyebabkan produsen menggunakan perantara, yaitu :
1.    Produsen tidak memiliki sumber daya yang memadai, seperti : dana, orang, peralatan, dan keahlian untuk menyalurkan sendiri produknya.

2.    Adanya kesenjangan keragaman pilihan, maksud dari adanya kesenjangan keragaman pilihan, yaitu : apabila konsumen menginginkan pilihan lengkap, sedangkan produsen memiliki produk terbatas. Untuk mengatasi kesenjangan itu dibutuhkan perantara yang mengumpulkan produk dari berbagai perantara, lalu menawarkannya kepada konsumen.

3.    Terdapat diskrepansi kuantitas antara produsen dan konsumen. Biasanya perusahaan tertentu hanya melayani pembelian dalam jumlah besar. Dengan adanya perantara, konsumen dapat membeli dalam satuan kecil.

4.    Pendistribusian lewat perantara seringkali lebih efisien, dikarenakan perantara memiliki : keahlian, pengalaman, skala operasi yang lebih ekonomis.

5.    Jumlah kontak yang dilakukan produsen dengan kontak pasar menjadi lebih efisien.


4. Sebutkan dan jelaskan strategi pemasaran pada era ekonomi baru dan era pasar global!

Jawabannya :

Strategi pemasaran pada era ekonomi
Ekonomi baru, adalah : industri – industri yang mengembangkan atau berpartisipasi dalam e-commerce dan internet, mengembangkan perangkat lunak dan keras komputer, dan mengembangkan layanan telekomunikasi. 
Jadi, strategi pemasaran pada era ekonomi baru, yaitu : strategi pemasaran yang menggunakan teknologi, seperti : internet, dalam pemasaran produk atau jasa-nya, sesuai dengan perkembangan zaman.

Contoh  strategi pemasaran pada era ekonomi baru, yaitu :
Matahari yang menjual berbagai macam kebutuhan, matahari dulu menjual produk-nya lewat mall, sekarang matahari memasarkan atau menjual produk-nya lewat situs mataharimall.com dan bisa mengunduh aplikasi-nya untuk melakukan pemesanan, lalu, mataharimall.com  mengiklankan-nya lewat : 1. internet, seperti :  situs tertentu, media sosial, dan lain – lainnya yang terkait. 2. televisi, 3. media cetak, 4. dan lain – lainnya yang terkait, agar masyarakat atau konsumen tahu bahwa sekarang konsumen bisa melakukan pembelian lewat situs mataharimall.com dan membayar pemesanan lewat no rekening yang disediakan.


Kelebihan era ekonomi baru menurut walker et al ( 2003 ), yaitu :

1.    Sindikasi informasi.
2.    Efek positif jaringan
3.    Kemampuan mengkastemisasi  tawaran secara personal.
4.    Distermediasi dan restrukturisasi saluran distribusi.
5.    Jangkauan  global dan 24 jam.

Pemasaran lewat internet, belum menguntungkan karena masyarakat atau konsumen merasa lebih nyaman membeli produk-nya langsung, karena lewat internet takut ada penipuan. 

Pertanyaan – pertanyaan kritis dalam mengembangkan strategi pemasaran pada era ekonomi baru, yaitu :
1.  Dapatkah kita mendigitalis semua tahap dalam proses pengalaman konsumen ?
2.  Dapatkah perusahaan kita yang pertama dn melekat di hati konsumen ?
3.  Seberapa penting informasi bagi kedua belah pihak ?
4.  Dapatkah alat – alat  ekonomi baru menjangkau dan membangun relationship dengan   pelanggan ?
5.  Apakah alat – alat  ekonomi baru efektif dan efisien kalau dibandingkan dengan solusi lain ?

Strategi pemasaran pada era pasar global.
Alasan pemasaran go internasional ( stauble 2000 ), yaitu :

1.    Memperoleh kesempatan pasar dan meningkatkan keuntungan.
2.    Meningkatkan skala ekonomi.
3.    Memperpanjang daur hidup produk.
4.    Mengurangi persaingan.


Strategi memasuki pasar internasional, yaitu : 

1.    Ekspor, perusahaan mencari pembeli dalam negeri, yang akan mengekspor, atau pembeli di negara tujuan yang akan menjual produk kembali ke konsumen akhir. Bagaimana produk diperlakukan penjual di negara tujuan, seperti : format akhir produk, harga produk, tempat menjual-nya, promosi-nya, tidak bisa diketahui dan dikendalikan perusahaan.

2.    Lisensi, adalah : memberi pemakaian aset berharga dan komersil kepada penerima lisensi, seperti : hak paten, hak merek dagang, hak penerbitan, hak menggunakan pengetahuan teknis, atau hak menggunakan pengetahuan proses manufakturing atas sejumlah imbalan. 

3.    Franchising, mirip lisensi karena sama – sama pemberian aset komersil untuk sejumlah imbalan. Tapi, yang dilisensikan pada franchising, yaitu : paket produk atau layanan yang menyangkut merek, log, hak penerbitan, desain, paten, rahasia dagang, dan segala yang terkait dengan keberhasilan produk dan layanan. Contoh : McDonald, KFC, dan es teler 77, adalah satu jaringan perusahaan. Kegagalan satu frenchisee akan mempengaruhi semua jaringan franchising.

4.    Joint venture, menanamkan modal di negara tujuan, tetapi dengan mencari perusahaan lokal sebagai mitra untuk membangan usaha bersama dulu.

5.    Investasi langsung, merupakan kelanjutan dari strategi satu sampai empat. Strategi ini dilakukan bagi perusahaan yang mampu secara keseluruhan untuk memasuki pasar lokal.


Localizing versus globalizing strategy

Dalam pendekatan lokal, program pemasaran, yaitu : segmentation, targetting, positioning, product, price, place, dan promotion, disesuaikan dengan keadaan unik setiap negara.
 

Referensi :

Simamora, Bilson. 2014. Pemasaran Strategik. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar