Selasa, 03 Maret 2015

Tugas 1 Bahasa Indonesia/MKDU4110.



Tugas 1 Bahasa Indonesia/MKDU4110



1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan nasional dan Bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional.

Jawabannya :

yang  maksud dengan bahasa indonesia sebagai lambang kebanggaan nasional yaitu: dengan bahasa indonesia kita bangga, karena kita bisa berkomunisasi /berinteraksi  dengan masyarakat yang  beragam sukunya di indonesia. Dengan bahasa indonesia dapat diketahui Siapa Kita, yaitu: Sifat, Perangai, dan Watak Kita sebagai bangsa indonesia. Dengan itu kita bangsa indonesia, bangga dengan adanya bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan indonesia dan kebanggaan nasional negara indonesia.

yang  maksud dengan bahasa indonesia sebagai lambang identitas nasional maksudnya yaitu: berarti kita sebagai bangsa indonesia mempunyai bahasa persatu yaitu bahasa indonesia, berarti identitas nasional/negara indonesia.Dengan bahasa indonesia orang bisa mengenal negara indonesia mempunyai bahasa persatu yaitu bahasa indonesia, yang berarti identitas negara (nasional) indonesia.     


2.      Tuliskan fungsi-fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Jawabannya :

 Fungsi-Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara :

1.Bahasa resmi kenegaraan.

Keputusan-keputusan, dokumen-dokumen, dan surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaganya dituliskan dalam bahasa indonesia. Pidato-pidato atas nama pemerintah atau dalam rangka menuaikan tugas pemerintahan diucapkan dan dituliskan dalam bahasa Indonesia.

2.Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.

Bahasa indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.

3.Alat penghubung pada tingkat nasional serta kepentingan pemerintah.

Bahasa indonesia dipakai dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebar luasan informasi kepada masyarakat, untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah. Dengan mengadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa,tujuannya agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh kedua belah pihak (masyarakat).

4.  Alat pengembang kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Kebudayaan nasional indonesia yang beragam, berasal dari masyarakatindonesia yang beragam pula, hampir tidak mungkin dapat disebar luaskan kepada dan dinikmati oleh masyarakat indonesia lain tanpa bahasa indonesia.Agar jangkauannya lebih luas, penyebaran ilmu dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah, hendaknya menggunakan bahasa indonesia. Apabila arus informasi kita meningkat berarti akan mempercepat pengetahuan, apabila pengetahuan meningkat berarti tujuan pembangunan akan cepat tercapai. Dan mungkin pada saat mendatang bahasa indonesia berkembang sebagai bahasa iptek yang sejajar dengan bahasa inggris.

3.      Setujukah Anda bila dikatakan bahwa bahasa itu indah, produktif , dan dinamis? Jelaskan pendapat Anda dan berikan masing-masing contohnya.

Jawabannya :

Menurut saya kalau, bahasa itu indah, saya tidak setuju karena tidak semua bahasa indah didengar. Contoh: ada perpaduan bunyi yang tidak indah didengar dan sifatnya juga tidak indah
 Tapi ada bahasa itu indah,  Contohnya:  Jika engkau bersifat dermawan, semua orang dapat engkau tawan. Penjelasan perpaduan bunyi dermawan dan tawan muncul sifat indah

Menurut saya kalau, bahasa itu produktif, saya setuju karena bahasa bersifat produktif yang artinya: sejumlah besar unsur yang terbatas, namun dapat dibuat satuan-satuan ujaran yang hampir tidak terbatas. Contohnya: sakit; sakti; sikat;taksi; tasik; kasti; kista. Penjelasan lima fonem yang sama menghasilkan banyak kata yang berbeda makna.

Menurut saya kalau, bahasa itu dinamis, saya setuju karena bahasa bersifat dinamis berarti bahwa bahasa itu tidak lepas dari berbagai kemungkinan perubahan sewaktu-waktu dapat terjadi. Perubahan itu dapat terjadi pada tataran : fonologis, morfologis, sintaksis, semantik dan leksikon. Pada setiap waktu mungkin terdapat kosa kata baru yang muncul, tetapi juga ada kosa kata lama yang tenggelam, tidak digunakan lagi.Contohnya: Mandja (Manja), Daja (Daya,) Tjina (Cina), Goeroe (Guru), Njamoek (nyamuk), Sjair (Syair), Chasiat (Khasiat). Penjelasannya ejaan lama yang tidak memakai kurung, ejaan baru pakai kurung

4.      Isilah kolom yang kosong pada tabel berikut ini.
Keterampilan Berbahasa
Lisan
Tulis
Sifat


aktif reseptif


aktif produktif
Jelaskan isi atau maksud tabel tersebut dengan bahasa Anda secara efektif.

Jawabannya :

Reseptif  maksudnya adalah memahami pesan yang disampaikan oleh seseoarang melalui bahasa, yang disampaikan secara lisan maupun tertulis
Produktif maksudnya  adalah orang yang menghasilkan pesan yang disampaikan kepada orang lain

Keterampilan Berbahasa: Lisan, yang Bersifat Reseptif  (memahami)

Menyimak berita di liputan 6 pagi, tentang: “Gunung Slamet Erupsi, Status Gunung Slamet Tetap  Siaga”. Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan, tak terekam  gempa vulkanik dangkal maupun gempa vulkanik dalam dari aktivitas Gunung Slamet. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam 12 jam terakhir gunung itu teramati 7 kali mengeluarkan sinar api setinggi 100-800 meter. Gunung Slamet juga 6 kali melontarkan lava pijar tinggi 200-500 meter dari puncak, dari sisi kegempaan, terekam 48 kali gempa embusan, 11 kali gempa letusan, dan 2 kali tremor harmonik.pada hari Kamis , pengamatan dari jam 00.00-06.00 WIB, secara visual teramati 1 kali letusan abu tebal kehitaman tinggi 500 meter dari puncak yang condong ke arah barat daya dan terdengar 1 kali suara dentuman sedang. Kegempaan terekam 104 kali gempa embusan, 27 kali gempa letusan, dan 1 kali tremor harmonik.Masyarakat diminta agar tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak gunung slamet

Keterampilan Berbahasa: Lisan, yang Bersifat Produktif (Menghasilkan)

Berbicara, Ceramah tentang:”Kewajiban Menutup Aurat”. Saudaraku yang seiman Aurat secara bahasa adalah segala sesuatu yang di dalamnnya terdapat kekurangan dan keburukan sehingga harus ditutupi dan tidak dibiarkan terbuka, terlihat oleh orang lain yang tidak halal melihatnya.Oleh agama, baik laki laki maupun perempuan diperintahkan menutupi auratnya. Aurat bagi laki laki adalah kulit (badan) antara pusar dan kedua lututnya. Sedangkan bagi wanita, baik ketika shalat maupun di luar shalat adalah seluruh badannya, kecuali wajah dan telapak tangan.Sungguh menyedihkan, masih banyak muslimah yang mebedakan antara aurat ketika shalat dan di luar shalat. Mereka mengira bahwa menutup seluruh tubuh itu hanya dilakukan ketika shalat. Adapun setelah shalat, mereka melepas mukena untuk kembali lagi bersolek dan memamerkan auratnya.Karenanya, tradisi memakai mukena ketika shalat mungkin hanya ditemukan di Indonesia. Dan termasuk pemahaman yang salah bahwa wanita ketika shalat harus memakai mukena. Yang benar adalah shalat harus menutup aurat, bukan memakai mukena.  Perlu jamaah diketahui bahwa perintah wajibnya menutup aurat seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan bagi muslimah balighah (wanita dewasa) telah ditegaskan dalam Al quran maupun hadis yang artinya:
 “Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak- anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (an-Nur: 31).
Dari sebuah hadis shahih Rasulullah saw mengancam wanita yang mengumbar auratnya dengan azab yang amat pedih. Rasulullah saw bersabda yang artinya :
“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat. Pertama: satu kaum yang memiliki cemeti cemeti seperti ekor sapi, yang dengannya mereka memukul manusia. Kedua: para wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka menyimpangkan dan menyelewengkan orang dari kebenaran. Kepala kepala seperti punuk unta yang miring atau condong. Mereka ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium wangi surga, padahal wangi surga sudah tercium dari jarak perjalanan sejauh ini dan itu. (HR Muslim)”
Karena perintah kewajiban menutup aurat (termasuk memakai jilbab) adalah sama dengan perintah menunaikan ibadah shalat. Keduanya berlandaskan kepada Al Quran.
Kalau ada sebagaian orang yang mengatakan bahwa perintah pada ayat al-Ahzab: 59 itu turun untuk membedakan antara orang merdeka dengan budak, maka kita bisa menjawabnya, bahwa kaidah ilmu tafsir yang benar adalah keumuman suatu ayat menjadi standar hukum, bukan kekhususan sebab turunnya suatu ayat. Sedangkan standar syar’i untuk pakaian menutup aurat adalah:
1. Mampu menutupi warna kulit dari luar (tidak transparan).
2. Harus longgar dan tidak membentuk lekukan tubuh.
3. Tidak menyerupai pakaian khas laki laki maupun perempuan dan
sebaliknya.
Maka, dari itu tutuplah aurat saudaraku !

Keterampilan Berbahasa: Tulis, yang Bersifat Reseptif  (memahami)

Membaca tentang:  “Galaksi Terkecil Dihuni Lubang Hitam Raksasa”. Sebuah galaksi terkecil yang dikenali manusia ternyata dihuni sebuah lubang hitam raksasa. Tim astronom dari Universitas Utah menemukan lubang hitam raksasa itu di sebuah galaksi mini yang dilabeli M60-UCD1. Ukuran lubang hitam di dalam galaksi itu setara dengan 21 juta kali massa matahari yang ada di tata surya manusia. Anil Seth, pemimpin riset astronomi, mengatakan galaksi tersebut adalah obyek luar angkasa terkecil dan teringan yang memiliki lubang hitam dengan ukuran begitu besar. "Itu juga menjadi salah satu galaksi yang didominasi oleh lubang hitam," kata Seth seperti ditulis laman Universitas Utah, 17 September 2014. Hasil temuan Seth dan koleganya sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature. Para astronom memakai Gemini North, teleskop inframerah berdiameter delapan meter di Mauna Kea, Hawaii, untuk melacak M60-UCD1. Mereka juga menggunakan data foto dari teleskop luar angkasa Hubble. Galaksi kecil itu diperkirakan adalah sisa dari galaksi besar yang hancur saat bertabrakan dengan galaksi lain. Temuan mereka mengindikasikan ada banyak galaksi "mini" serupa yang dihuni lubang hitam berukuran raksasa. Seth mengatakan para astronom tidak tahu bagaimana sebuah galaksi kecil bisa memuat lubang hitam raksasa. "Ada begitu banyak galaksi kecil serupa dan mereka mungkin memiliki lebih banyak lubang hitam raksasa di pusatnya ketimbang galaksi berukuran normal," kata asisten profesor bidang fisika dan astronomi itu. Lubang hitam adalah bintang-bintang mati yang memiliki tarikan gravitasi luar biasa kuat sehingga cahaya pun tersedot. Lubang hitam raksasa biasanya berukuran minimal satu juta kali massa matahari. Obyek raksasa penyedot cahaya itu diperkirakan ada di pusat setiap galaksi. Galaksi Bima Sakti sendiri memiliki lubang hitam di bagian pusatnya dengan ukuran 4 juta kali massa matahari. Meski tergolong lubang hitam raksasa, ukurannya cuma 0,01 persen dari massa Bima Sakti yang diperkirakan sekitar 50 miliar lebih besar dari matahari. Sebagai perbandingan, lubang hitam raksasa di galaksi "mini" M60-UCD1 empat kali lipat dari yang ada di Bima Sakti. Namun proporsi ukuran lubang hitam itu mencapai 15 persen dari ukuran M60-UCD1 yang diperkirakan sekitar 140 juta kali massa matahari. "Itu luar biasa, karena Bima Sakti 500 kali lebih besar dan 1.000 kali lebih berat ketimbang galaksi M60-UCD1," kata Seth. Menurut Seth, M60-UCD1 dulunya mungkin sebuah galaksi besar dengan 10 miliar bintang di dalamnya. Namun obyek itu bergerak terlalu dekat dengan galaksi yang lebih besar, M60, lalu ada bintang-bintang dan materi hitam di bagian luar galaksi terpencar dan menyatu dengan M60. "Kemungkinan itu terjadi sekitar 10 miliar tahun lalu, namun kami tak tahu waktu pastinya," ujar dia. M60 adalah salah satu galaksi raksasa yang dijuluki jagat raya lokal. M60 juga diketahui tengah menarik galaksi lain, NGC4647, yang ukurannya 25 kali lebih kecil. Sumber: Tempo

Keterampilan Berbahasa: Tulis, yang Bersifat Produktif (Menghasilkan)
Menulis, puisi dengan judul :
” Salahkah” ?
Dimanakah hati nurani
Ketika berbicara kelapangan, ditengah  kesempitan orang lain...
Dimanakah hati nurani
Ketika berbicara kemudahan. ditengah kesulitan orang lain..
Dimanakah hati nurani
Ketika berbicara keindahahan, ditengah kesuraman orang lain...
Dimanakah hati nurani
Ketika berbicara kekayaan, ditengah kemiskinan orang lain...
Dimanakah hati nurani
Ketika berbicara kemakmuran, ditengah keterpurukan orang lain...
 

5.      Tuliskan isi pidato Bung tomo yang dapat Anda unduh dari youtube dengan alamat : https://www.youtube.com/watch?v=aEvPBfM7OSQ


Jawabannya :Isi Pidato Bung tomo yang didengar/disimak dari youtube dengan alamat:






yaitu:


Bismillahhirrahmanirrahim

Merdeka

Saudara-saudara rakyat jelata di seluruh indonesia terutama saudara-saudara penduduk kota Surabaya kita semuanya telah mengetahui bahwa hari ini tentara inggris telah menyebarkan pamplet-pamflet yang memberikan suatu ancaman kepada kita semua kita diwajibkan untuk dalam waktu yang mereka tentukan menyerahkan senjata-senjata yang telah kita rebut dari tangannya tentara jepang. Mereka telah minta supaya datang pada mereka itu dengan mengangkat tangan.Mereka telah meminta supaya kita semua datang pada mereka itu dengan membawa bendera merah putih tanda bahwa kita telah menyerah.
Saudara-saudara
Di dalam pertempuran-pertempuran yang lampau kita sekalian telah menunjukkan bahwa rakyat indonesia di surabaya pemuda-pemuda yang berasal dari maluku pemuda-pemuda yang berasal dari sulawesi pemuda-pemuda yang berasal pulau bali pemuda-pemuda yang berasal dari kalimantan pemuda-pemuda dari seluruh sumatera pemuda aceh, pemuda tapanuli, dan seluruh pemuda indonesia yang ada ini di dalam pasukan-pasukan mereka masing-masing dengan pasukan-pasukan rakyat yang di bentuk di kampung-kampung telah menunjukkan satu kekuatan sehinggga mereka itu terjepit di mana-mana
Hanya karena taktik yang licik dari pada mereka itu saudara-saudara dengan mendatangkan presiden dan pemimpin-pemimpin lainnya ke surabaya ini , maka kita ini tunduk utuk memberhentikan pertempuran tetapi pada masa itu mereka telah memperkuat diri dan setelah kuat sekarang inilah keadaanya .

Saudara-saudara kita semuanya kita bangsa indonesia yang ada di surabaya ini akan menerima tantangan tentara inggris itu dan kalau pimpinan tentara inggris yang ada di surabaya ingin mendengarkan jawaban rakyat indonesia, ingin mendengarkan jawaban seluruh pemuda indonesia yang ada di surabaya ini dengarkanlah tentara inggris ini jawaban kita ini jawaban rakyat surabaya ini jawaban pemuda indonesia kapada kau sekalian

Hai tentara inggris kau mengkehendaki bahwa kita ini akan membawa bendera merah putih untuk takluk kepadamu, kau menyuruh kita mengangkat tangan kepada mu, kau menyuruh kita membawa senjata-senjata yang telah kita rampas dari tentara jepang untuk diserahkan kepadamu,tuntutan itu walaupun kita tahu bahwa kau sekali lagi akan mengancam kita untuk menggempur kita dengan kekuatan yang ada tetapi inilah jawaban kita:
Selama banteng-banteng indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga.

Saudara-saudara rakyat surabaya ,siaplah! keadaan genting! tetapi saya peringatkan sekali lagi jangan mulai menembak baru kalau kita ditembak maka kita akan danti menyerang mereka itu kita tunjukkan bahwa kita ini benar -benar orang yang ingin merdeka.

Dan untuk kita saudara-saudara lebih baik kita hancur lebur dari pada tidak merdeka semboyan kita tetap merdeka atau mati.
Dan kita yakin saudara-saudara pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ketangan kita sebab Allah selalu berada di pihak yang benar percayalah saudara-saudara tuhan akan melindungi kita sekalian
Allahu...akbar ,
Allahu... akbar... , Allahu... akbar... ,Mer..de..ka.



6.      Berikan/tulis pendapat Anda mengenai persamaan atau perbedaan semangat nasionalisme para pemuda Indonesia ketika itu (masa perjuangan) dengan semangat nasionalisme para pemuda Indonesia sekarang ini?

Jawabannya :

Perbedaan Semangat Nasionalisme Para Pemuda Indonesia pada Masa Perjuangan dengan Semangat Nasionalisme Para Pemuda Indonesia pada Sekarang yaitu :

Para Pemuda Indonesia pada Masa Perjuangan:

a). Kesetiaan dari setiap pribadi banyak, karena para pemuda indonesia pada  masa perjuangan memiliki semangat juang yang tinggi. Karena bangsa indonesia sudah lama dijajah di negeri sendiri, dari pada itu para masyarakat berkeinginan untuk bersatu agar tidak dijajah lagi di negeri sendiri, supaya kemerdekaan dan agar tidak direndahkan oleh negara lain.

b). Mempunyai jiwa patriotisme yang tinggi. Karena para pemuda indonesia pada  masa perjuangan tidak mau bangsa indonesia direndahkan oleh negara lain.Dan cinta pada negara indonesia yang telah susah panyah diperjuangkan

c). Mempunyai jiwa kebersamaan yang tinggi. 



Para Pemuda Indonesia pada  Pemuda Sekarang :



a).  Kesetiaan pada negara, dari setiap pribadi sedikit, karena pemuda sekarang banyak yang  pemalas untuk melakukan kegiatan.

b). Meniru budaya barat dan tidak bangga terhadap budaya sendiri. Karena, tren/gaya banyak dipakai oleh negara lain yang mudah mendapatkan informasinya melalui media, seperti televisi fashion show, internet tentang tren/gaya yang banyak dipakai . Sehingga tidak bangga terhadap budaya sendiri karena tidak mendunia dan tidak banyak dipakai oleh negara lain

c). Lebih bersifat individualis.












11 komentar:

  1. sangat membantu. izin copas ya

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Artikel yang sangat bermanfaat bagi tugas kuliah saya.

    Mister Tekno

    BalasHapus
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus