Senin, 28 Agustus 2017

TUGAS 3 PENGANTAR EKONOMI MIKRO ( ESPA 4111 ).



TUGAS 3 PENGANTAR EKONOMI MIKRO

(ESPA 4111).

  
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jelas dan ringkas,  gunakan grafik apabila diperlukan!

1.      Jelaskan syarat keuntungan maksimal yang akan dicapai perusahaan dalam pasar persaingan murni     

Jawab :

Syarat keuntungan maksimal pasar persaingan murni jangka pendek, dimana :  [ P Price (Harga) = MR Marginal Revenue (Pendapatan Marjinal) ]  = MC Marginal Cost (Biaya Marjinal), menyebabkan kurva penawaran jangka pendek perusahaan individual persaingan murni adalah sama dengan kurva biaya marjinalnya dan akan menghentikan produksi, bila harganya  sama atau dibawah rata – rata variabel

2.      Apa yang dimaksud dengan surplus konsumen dan surplus produsen.

Jawab :

Surplus konsumen adalah : kelebihan atau perbedaan antara kepuasan total atau total utility (yang dinilai dengan uang) yang dinikmati konsumen dari mengkonsumsikan barang tertentu dengan pengorbanan totalnya (yang dinilai dengan uang) untuk memperoleh atau mengkonsumsikan jumlah barang tersebut.

Surplus produsen adalah : pendapatan tambahan yang diperoleh oleh seorang produsen dari penerimaan harga suatu barang yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang sebenarnya telah dipersiapkan untuk ditawarkan.


3.      Mengapa kegagalan pasar terjadi? Sebutkan unsur-unsur kegagalan pasar.


Jawab :

Karena : campur tangan pemerintah dalam perekonomian, bisa menimbulkan kegagalan birokrasi atau kegagalan sektor publik, yang menyebabkan ketidakefisienan ekonomi. Ini karena kepentingan golongan tertentu yang kuat secara politis, biaya yang jelas sementara manfaatnya tidak jelas, besanya maupun untuk siapa, bersifat tidak selektif, dan birokrasi membuat pengambilan keputusan dan pelaksanaan menjadi tidak efisien.

Unsur – unsur kegagalan pasar :

1. Eksternalitas menyebabkan  sistem pasar gagal,  yang mencakup semua manfaat dan biaya yang berhubungan dengan produksi dan konsumsi beberapa barang dan jasa tertentu.

2. Barang publik. Barang dan jasa – jasa yang tidak dapat dibiayai  atau diselenggarakan oleh rumah tangga individu. Contohnya : jasa pendidikan, jalan raya, program pengendalian banjir, pertahanan dan keamanan, pemeliharaan atas berlakunya hukum ketertiban masyarakat dan lain – lainnya   , yang tidak dapat dibeli berdasarkan pertimbangan individu semata.

3. Ketidakmampuaan sumber daya untuk bergerak. Meskipun dalam situasi paling kompetitif : sumber daya manusia, alam, peralatan produksi tidak sepenuhnya mudah bergerak.
Jadi perpindahan sumber daya dari industri yang mengalami penciutan, serta masuknya pemain baru kedalam industri yang mengalami perluasan, yang memerlukan waktu dan  prosesnya yang tidak terjadi secara sempurna dan dalam waktu sekejap.

4. Persaingan  tak sempurna. Bila salah satu dari  pelaku ekonomi atau pelaku usaha cukup besar hingga cukup dapat mempengaruhi pasar, terdapatlah unsur pasar persaingan  tak sempurna. Perusahaan monopoli yang menyebabkan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga pada pasar persaingan sempurna dan produsen membatasi atau mengurangi produksi agar bisa diperolehnya keuntungan diatas normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar