Jumat, 19 Agustus 2016

Tugas Pertama Manajemen Kinerja (EKMA4263).



Soalnya:


1.    Manajemen kinerja adalah proses mengonsolidasikan penetapan tujuan, penilaian, dan pengembangan kinerja kedalam satu sistem tunggal bersama, yang bertujuan memastikan kinerja karyawan mendukung tujuan strategis perusahaan. Jelaskan mengapa sistem manajemen kinerja itu sangat penting bagi suatu organisasi/perusahaan.
Jawabannya :

Karena : dengan adanya sistem manajemen kinerja, organisasi, dapat : 1) menyesuaikan tujuan organisasi dengan tujuan tim atau kelompok dan individu, 2) memperbaiki kinerja, 3) memotivasi karyawan, 4) meningkatkan komitmen, 5) mendukung nilai – nilai inti, 6) memperbaiki proses pelatihan dan pengembangan, 7)  meningkatkan keterampilan, 8) mengusahakan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan, 9) mengusahakan basis perencanaan karir, 10) membantu menelaah karyawan untuk minta pindah atau minta berhenti, 11) mendukung inisiatif kualitas total dan pelayanan pelanggan, 12) mendukung program perubahan budaya.


2.    Keterbatasan manajemen kinerja adalah keterbatasan sistem pengukuran kinerja finansial yang belum mampu mengakomodasi tuntutan persaingan. Jelaskan maksud pernyataan diatas.
Jawabannya :

Maksudnya : ketidakmampuan pengukuran yang didasarkan atas sistem akutansi dalam menampung kebutuhan sistem operasi perusahaan saat ini, yang meliputi : 1) kurangrelavan (ketidakcocokan) sistem pengukuran kinerja berbasis finansial bagi pengelolaan usaha saat ini, 2) sistem konvensional berorientasi pada pelaporan kinerja masa lalu, 3) berorientasi jangka pendek, 4) kurang lues atau fleksibel, 5) tidak memicu perbaikan, 6) sering rancu pada aspek biaya.


3.Pengukuran kinerja hanya dapat dilakukan terhadap kinerja yang nyata dan terukur. Kemukakan pendapat saudara mengenai hal ini.
Jawabannya :

Menurut pendapat saya, karena : kinerja yang nyata dan terukurlah, yang bisa dilakukan pengukuran. Contoh pengukuran kinerja yang nyata : kinerja para karyawan yang : baik, biasa saja, dan tidak baik. Contoh pengukuran kinerja yang nyata dan terukur : pendapatan dan pengeluaran keuangan perusahaan, yang dihitung tiap harinya, untuk menghitung, untuk : bulan, tahun.


4.Mengapa mekanisme perancangan sistem manajemen kinerja berupa interaksi antar tahap bukan linier (lurus)?
Jawabannya :

Mekanisme perancangan sistem manajemen kinerja berupa interaksi antar tahap, karena : mekanisme perancangan sistem manajemen kinerja melalui tahap demi tahap, dan ada juga, yang ada kaitannya dengan yang lainnya. Kalau tidak berinteraksi antar tahap yang ada kaitannya, mengakibatkan mekanisme perancangan sistem manajemen kinerja kacau, bahkan hancur. Sedangkan, kalau linier (lurus), mengakibatkan mekanisme perancangan sistem manajemen kinerja : kacau, bahkan hancur.


5.Strategi perusahaan ialah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama atau kebijakan dengan rangkaian tindakan dalam sebuah pernyataan yang saling mengikat. Apa maksudnya?
Jawabannya :

Maksudnya : strategi perusahaan biasanya berkaitan dengan prinsip – prinsip secara umum untuk mencapai misi yang dirancang perusahaan, serta bagaimana perusahaan memilih jalur yang spesifik untuk mencapai misi. Maka dari itu, strategi perusahaan rencananya mengintegrasikan kebijakan dengan rangkaian tindakan yang saling mengikat.  


Referensi Atau Daftar Pustaka :
Dharma, Surya.  2014. Manajemen Kinerja. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar