Sabtu, 27 Agustus 2016

Tugas Pertama Perilaku Organisasi (EKMA4216).

Soalnya :

Jawablah pertanyaan berikut secara singkat, padat dan cerdas...jika Anda mengalami kesulitan, sebaiknya diskusikan dengan teman sekelas Anda

1. Apakah hubungan antara :
- Kepuasaan kerja dan ketidakhadiran (absensi) pegawai?
Jawabannya :

a. Menurut saya, tidak ada hubungannya sama sekali, karena : kepuasan kerja mempunyai hubungan timbal balik dengan produktivitas kerja. Produktivitas kerja yang tinggi menyebabkan peningkatan dari kepuasan kerja. Hanya jika tenaga kerja mempersepsikan bahwa apa yang telah dicapai perusahaan sesuai dengan apa yang mereka terima upah yaitu dengan adil dan wajar serta diasosiasikan dengan performa kerja yang unggul. Dengan kata lain bahwa performansi kerja menunjukkan tingkat kepuasan kerja seorang pekerja, karena perusahaan dapat mengetahui aspek – aspek pekerjaan dari tingkat keberhasilan yang diharapkan. Sedangkan ketidakhadiran pegawai merupakan perbuatan atau sikap, yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti : faktor dalam hal keterlambatan, faktor lingkungan ditempat kerja, dan lain – lainnya yang berkaitan.

- Kepuasan kerja dan pengunduran diri pegawai?
Jawabannya :
b. Menurut saya tidak ada hubungannya sama sekali, karena : kepuasan kerja merupakan akibat dari produktivitas kerja atau sebaliknya. Sedangkan pengunduran diri pegawai merupakan kebijakan, yang disebabkan beberapa faktor, yaitu : 1. faktor lingkungan di tempat kerja, 2. faktor di luar lingkungan kerja, seperti : faktor kemauan sendiri, faktor dari keluarga, 3. dan faktor  lain – lainnya yang terkait.

- Hubungan manakah yang lebih kuat?
Jawabannya :

c. Menurut saya, hubungan yang lebih kuat, adalah : kepuasan kerja dan pengunduran diri, karena :  kepuasan kerja merupakan dari hasil (produksi) yang telah dilakukan pegawai terhadap pekerjaannya. Sedangkan pengunduran diri pegawai, disebabkan oleh beberapa hal atau faktor, seperti : faktor kemauan sendiri, faktor lingkungan ditempat kerja, dan lain – lainnya yang berkaitan. Jadi, jelas hubungan yang lebih kuat, adalah : kepuasan kerja dan pengunduran diri.


2. "Pimpinan perusahaan hendaknya melakukan segala yang dapat mereka
lakukan untuk meningkatkan kepuasaan kerja pegawai". Apakah Anda
sependapat dengan pernyataan tersebut? Berikan alasannya...
Jawabannya :
Ya saya sependapat, dengan pernyataan tersebut, yang menyatakan bahwa "pimpinan perusahaan hendaknya melakukan segala yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai", karena : kepuasaan kerja yang dilakukan pegawai dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh oleh perusahaan. Manfaat dari pimpinan perusahaan melakukan peningkatan kepuasan kerja pegawai untuk : a. memberi dampak yang baik bagi perusahaannya, kalau semua yang terlibat dalam perusahaan melakukan kepuasan kerjanya, b. mengurangi dampak buruk yang minimpa perusahaannya, dan lain – lainnya. Oleh karena itu : pimpinan perusahaan hendak melakukan peningkatan kepuasan kerja pegawai dalam pekerjaannya.

3. Berikan persepsi kita tentang tindakan kita sendiri bisa berbeda dari persepsi kita tentang tindakan orang lain?
Jawabannya :

Persepsi saya tentang tindakan saya sendiri bisa yang berbeda dari persepsi tentang tindakan orang lain, yaitu :

1.    Dalam memilih sepatu, saya berpendapat bahwa sepatu ini yang lebih bagus, tapi menurut teman saya tidak, karena ia berpendapat bahwa sepatu yang seperti ini yang lebih bagus.

2.    Saya berpendapat bahwa memasak dengan menggunakan cabe itu menambah selera saya dalam makan karena saya suka pedas, tapi menurut teman saya memasak dengan menggunakan cabe tidak menambah seleranya dalam makan, karena dia tidak suka pedas dan tidak terbiasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar