Sabtu, 27 Agustus 2016

Tugas Pertama Manajemen Pemasaran (EKMA4216).



Soalnya :

1.    Buatlah rangkuman singkat tentang manajemen pemasaran

Rangkuman singkat tentang manajemen pemasaran :

Pengertian Pemasaran

 Pemasaran adalah : kegiatan pemasaran pada dasarnya meliputi empat kegiatan utama yaitu pengembangan produk, promosi, harga dan saluran distribusi yang biasa disebut dengan bauran pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

 Menurut : kotler dan keller (2006, h. 6), manajemen pemasaran adalah : seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan  mendapatkan, mempertahankan, dan menumbukan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai  pelanggan superior.

Menurut : Boyd, Walker, Larreche, (1998, p.16), manajemen pemasaran adalah : suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
 
Menurut : american marketing association, manajemen pemasaran adalah : perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

 Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa, manajemen pemasaran meliputi : proses analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program pemasaran.


Peran Pemasaran Dalam Organisasi

Peran Pemasaran di Jenjang Korporat :
1.    Mengampayekan orientasi pelanggan dengan mengutamakan pandangan pelanggan
2.    Memperkirakan daya tarik pasar
3.     Mengembangkan patokan nilai keseluruhan perusahaan.

Peran Pemasaran di Jenjang Unit Bisnis Strategi  :
1.    Menentukan bagaimana melakukan persaingan pasar, di bisnis tertentu  melakukan analisis persaing, dan sumber – sumber perusahaan secara  lebih detail dan cermat.
2.    Memutuskan kapan dan bagaimana melakukan kemitraan.

Peran Pemasaran di Jenjang Operasional :
1.    Merumuskan dan mengimplementasikan program – program pemasaran.
2.    Mengelola hubungan – hubungan yang harmonis dengan pelanggan dan penyalur.

  

Peran Pemasaran Dalam Masyarakat

 Peran pemasaran dalam masyarakat, yaitu : sebagai kebutuhan oleh masyarakat, selain itu untuk mencapai tujuan kemasyarakatan dengan batas – batas etika.


 Konsep Pemasaran sebagai Filosofi Bisnis

Konsep pemasaran sebagai filosofi, yaitu : keyakinan bahwa tujuan – tujuan operasional   dapat dicapai dengan memuaskan pelanggan yang telah semakin besar diantara para manajer.

Sebagai filosofi bisnis, konsep pemasaran mencakup :
1.      Orientasi  pelanggan
2.      Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
3.      Pencapaian tujuan kinerja organisasi, yaitu : laba jangka panjang.

Lima konsep sebagai bentuk filosofi dalam pemasaran : 1) konsep  produksi, 2) konsep produk, 3) konsep penjualan, 4) konsep pemasaran, 5) konsep pemasaran kemasyarakatan.

Konsep Pemasaran Holistik

Konsep pemasaran holistik, merupakan : pengembangan dari konsep pemasaran yang disebabkan oleh semakin populernya penggunaan internet dalam bisnis.
Lingkup dan kekompleksan aktivatas pemasaran ini menjadi dua aspek yang menyatu.
 Komponen konsep pemasaran holistik, yaitu :
1.    Pemasaran keterhubungan
2.    Pemasaran terintegrasi
3.    Pemasaran internal
4.    Pemasaran tanggungjawab sosial.

Pemasaran Dalam Lingkungan Yang Berubah.
Pemasar sering menjumpai ketidakpastian ketika harus mengambil keputusan. Sebagian besar ketidakpastian itu berasal dari : lingkungan yang selalu berubah dimana pemasaran itu dilakukan. Seperti faktor yang terjadi di : 1). lingkungan makroekstern, faktornya adalah : demografi, kondisi ekonomi, faktor sosial, faktor politik dan hukum, teknologi, pesaingan, lingkungan fisik, lingkungan budaya. 2). Lingkungan mikroekstern, yang termasuk faktor lingkungan mikroekstern, adalah : 1. Pemasok, 2. Perantara pemasaran, 3. Pelanggan. pasar pelanggan dibedakan kedalam lima macam, menurut : kotler dan amstrong (1996), yaitu : pasar konsumen, pasar bisnis, pasar penjual, pasar pemerintah, pasar internasional. 4 Pesaing, dibedakan dua macam, yaitu : 1. pesaing langsung adalah : pesaing yang terjadi antara beberapa perusahaan berasal dari  perusahaan lain dalam satu industri. 2. Pesaing tidak langsung adalah : perusahaan lain yang menghasilkan barang dan jasa substitusi. 5 Publik.


Faktor NonPemasaran Dalam Perusahaan
Yang termasuk faktor non pemasaran mencakup kemampuan :
1.    Produksi.
2.    Keuangan. 
3.    Personil.

Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah : sejumlah variabel terkendali yang harus dikelola untuk mencapai kepuasan pelanggan dan tujuan organisasi. Variabel – variabel terkendali tersebut dikelompokkan kedalam empat bidang keputusan utama (4P), yaitu :   
1.    Product
2.    Price
3.    Place
4.    Promotion



2. Jumlah kelompok umur berusia remaja saat ini semakin besar. Generasi ini mempunyai preferensi sendiri dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Saat ini perusahaan menjadi sadar bahwa remaja merupakan segmen menarik untuk dituju dan dapat menghasilkan keuntungan. Berbagai produk dapat ditawarkan antara lain fashion, aksesoris, dan majalah. Faktor lingkungan apa yang diperhatikan perusahaan dalam menawarkan produk tersebut? Jelaskan dan mohon kaitkan dengan teori.

Jawabannya :
Faktor lingkungan sosial dan budaya, karena perusahaan memanfaatkan : 1. cara hidup remaja pada saat ini, 2. nilai – nilai sosial remaja pada saat ini, 3. kesenangan remaja pada saat ini, 4. keyakinan remaja pada saat ini, 5. jumlah kelompok usia remaja yang saat ini semakin besar, yang dimanfaatkan dan digunakan perusahaan untuk menggapai dan memperoleh keuntungan.



Referensi Atau Daftar Pustaka :
Dharmmesta, Basu Swastha.  2014. Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar