Sabtu, 02 April 2016

Tugas 2 (dua) : Manajemen Rantai Pasokan (EKMA4371).



Tugas Kedua: Manajemen Rantai Pasokan (EKMA4371).






Soalnya :




Coba anda jelaskan kaitan antara strategi rantai pasok dengan strategi kompetitif perusahaan !

Jawabannya :



Strategi rantai pasok penting bagi : kesuksesan banyak organisasi bisnis, juga sama pentingnya terhadap organisasi non profit. Strategi rantai pasok ditujukan untuk : pencapaian strategi kompetitif perusahaan. Suatu strategi kompetitif perusahaan bertujuan untuk : memenuhi kebutuhan konsumen melalui produk atau jasa yang dihasilkan. Contoh strategi kompetitif : wal mart bertujuan menyediakan berbagai macam produk berkualitas dengan harga yang murah. Walaupun produk yang dijual merupakan produk yang banyak dijual oleh toko lain. Tujuan wal mart adalah : selalu menjaga ketersedian produk dengan harga yang murah.  


Didalam pasar yang kompetitif, pelanggan adalah pihak yang mengendalikan pasar dan pasar akan mengendalikan perilaku organisasi. Pelanggan memutuskan untuk membeli suatu produk dengan berbagai alasan seperti harga atau layanan tambahan yang diberikan pada saat pembelian. Strategi rantai pasok dibutuhkan untuk mengelola integrasi pada semua aktivitas rantai pasok untuk mendapatkan keuntungan.



Strategi rantai pasokan, adalah : sifat dari pengadaan bahan baku, transportasi bahan ke dan dari perusahaan, menghasilkan produk atau operasi untuk meningkatkan jasa, dan distribusi produk ke pelanggan, dan jasa purna jual yang akan ditangani sendiri pada pihak lain yang lebih kompeten.

Strategi kompetitif perusahaan, diartikan sebagai : seperangkat kebutuhan pelanggan yang dicari untuk memenuhi kebutuhan melalui produk, tergantung dari pesaingnya.


Kaitan atau hubungan antara strategi rantai pasok dengan strategi kompetitif perusahaan, adalah : 

Keuangan,      Akuntansi,      Teknologi Informasi,       Sumber Daya Manusia

Pelayanan

Distribusi

Operasi

Pemasaran dan  Penjualan
Perkembangan Produk Baru


Gambar Rantai Nilai. 


Penjelasannya, adalah :



Rantai nilai perusahaan dimulai dari : perkembangan produk baru, yang menciptakan spesifikasi produk. Bagian pemasaran melakukan publikasi kepada konsumen  mengenai produk yang dihasilkan sehingga muncul permintaan dari konsumen. Berdasarkan spesifikasi produk yang telah ditetapkan, Bagian operasi mentransformasikan input menjadi ouput untuk menghasilkan produk. Kemudian bagian distribusi menyampaikan atau membawa produk kepada pelanggan atau membawa pelanggan ke produk. Akhirnya, bagian pelayanan merespons permintan konsumen, selama dan setelah penjualan. Hal ini merupakan fungsi utama yang harus dijalankan, agar memperoleh keberhasilan penjualan. Keuangan, akuntansi, teknologi, dan sumber daya manusia merupakan : pendukung keberhasilan fungsi – fungsi utama dalam rantai nilai. Untuk menghasilkan strategi kompetitif perusahaan, semua fungsi ini berperan, dan masing – masing harus dikembangkan strateginya.




Daftar Pustaka :


Guritno, Adi Djoko dan Meirani Harsasi. 2014. Manajemen Rantai Pasokan, Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.


1 komentar:

  1. peluang pinjaman yang ditawarkan oleh mr, pedro yang menyelamatkan keluarga saya dari belenggu keuangan halo semuanya, saya putri adiratnaa single mom dari jakarta, saya ingin membagikan kesaksian hebat ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari mr, pedro, ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi, setelah ditipu oleh berbagai perusahaan online dan menolak pinjaman dari bank saya dan beberapa serikat kredit lain yang saya kunjungi. anak-anak saya diasuh oleh anak asuh, saya sendirian di jalan. hari aku dengan malu-malu bertemu dengan teman sekolah lama yang memperkenalkanku pada daisy maureen. pada awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap untuk mengambil risiko meminta pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya akan menerima pinjaman saya dari mereka. setelah dipikir-pikir, karena tunawisma saya, saya harus mengambil percobaan dan mengajukan pinjaman, untungnya bagi saya, saya menerima pinjaman $80.000,00 dari mr, pedro. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. anak-anak saya telah diberikan kembali kepada saya dan sekarang saya memiliki rumah dan bisnis saya sendiri. semua terima kasih dan rasa terima kasih pergi ke bantuan mr, pedro untuk memberi saya arti hidup ketika saya telah kehilangan semua harapan. jika Anda sedang mencari bantuan pinjaman, Anda dapat menghubungi mereka melalui: { pedroloanss@gmail.com whatsapp+1 863 231 0632 } telegram @ pedroloanss

    BalasHapus