Sabtu, 02 April 2016

Tugas 3 (tiga) : Manajemen Rantai Pasokan (EKMA4371).




Tugas Ketiga: Manajemen Rantai Pasokan (EKMA4371).




Soalnya :

Jelaskan menurut pendapat Anda, apa keuntungan penetapan tingkat yang optimal bagi perusahaan dan apa kerugiannya apabila usaha itu tidak tercapai.

Jawabannya :

Menurut pendapat saya, keuntungan penetapan tingkat ketersediaan produk yang optimal, bagi perusahaan, adalah :

1.    Perusahaan mendapatkan keuntungan yang besar, karena : a. Tingkat ketersediaan produknya diukur menggunakan : cycle service level (tingkat layanan siklus), yaitu berupa : matrik dari jumlah kepuasan permintaan pelanggan terhadap  ketersediaan produknya. b. Rantai pasok menggunakan ketersediaan produknya pada tingkat yang tinggi untuk meningkatkan tanggapannya, dan rantai pasok berhasil mencapai keseimbangan antara ketersediaan produknya dengan biaya persediaannya, lalu rantai pasok mampu menarik konsumen. c. Dapat mengurangi dan mengatasi ketidakpastian permintaan. d. Meningkatkan salvage value (nilai sisa) setiap unitnya.  e. Menurunkan kerugian dari  stock out (persediaan habis). f. Menggunakan penjualan melalui web. g. Dan lain – lainnya, yang terkait.
  
Jadi, intinya perusahaan mendapatkan keuntungan yang besar, karena : menemukan cara yang baik, berhasil menjalankannya dengan cara yang baik, dan mampu mengatasi semua masalah yang menimpa dengan cara yang baik


Menurut pendapat saya, kerugiannya bagi perusahaan, apabila usaha itu tidak tercapai, adalah :

1.    Perusahaan mengalami kerugian yang besar, karena : semua usaha yang diusahakannya tidak tercapai, mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yang membuatnya mengalami kerugian.



Referensi :

Guritno, Adi Djoko dan Meirani Harsasi. 2014. Manajemen Rantai Pasokan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar